LAYANAN TELEMATIKA
Layanan Telematika di Bidang Informatika
Menurut RUU Kovergensi Telematika Penyelenggaraan Layanan
Jaringan Telematika adalah kegiatan penyediaan konektivitas dasar dan bandwidth
yang mendukung beragam aplikasi dan memungkinkan komunikasi antar jaringan.
Penyelenggaraan Layanan Jaringan Telematika adalah kegiatan penyediaan layanan
aplikasi telematika yang terdiri aplikasi pendukung kegiatan bisnis dan
aplikasi penyebaran konten dan informasi. Aplikasi adalah layanan dasar
dan/atau lalyanan nilai tambah yang ditambahkan pada layanan jaringan.
Layanan Telematika di bidang Layanan Informasi
Layanan Informasi adalah penyampaian berbagai informasi kepada
sasaran layanan agar individu dapat menolah dan memanfaatkan informasi tersebut
demi kepentingan hidup dan perkembangannya. Secara umum agar terkuasainya
informasi tertentu sedangkan secara khusus terkait dengan fungsi pemahaman
(paham terhadap informasi yang diberikan) dan memanfaatkan informasi dalam
penyelesaian masalahnya.
Layanan informasi menjadikan individu mandiri yaitu memahami
dan menerima diri dan lingkungan secara positif, objektif dan dinamis, mampu
mengambil keputusan, mampu mengarahkan diri sesuai dengan kebutuhannya tersebut
dan akhirnya dapat mengaktualisasikan dirinya.
Komponen :
- Konselor
Ahli dalam pelayanan konseling adalah penyelenggara layanan
informasi. Konselor menguasai sepenuhnya informasi yang menjadi isi layanan,
mengenal baik peserta layanan dan kebutuhan akan informasi dan menggunakan
cara-cara yang efektif.
- Peserta.
Pesertalayanan informasi dapat berasal dari berbagai kalangan,
siswa di sekolah, mahasiswa, anggota organisasi pemuda dan sosial politik,
karyawan instansi dan dunia usaha/industri serta anggota-anggota masyarakat
lainnya,.Pada dasarnya peserta layanan informasi pertama-tama menyangkut
pentingnya isi layanan bagi(calon) peserta bersangkutan. Apabila seseorang
tidak memerlukan informasi yang menjadi isi layanan informasi , ia tidak perlu
menjadi peserta layanan.
- Informasi
Jenis, luas dan keadaan informasi yang menjadi isi layanan
informasi sangat bervariasi tergantung pada kebutuhan para peserta layanan.
Dalam hal ini identifikasi keperluan akan penguasaan informasi tertentu oleh
para (calon) peserta sendiri, konselor maupun pihak menjadi sangat penting.
Layanan Telematika di bidang Layanan Keamanan
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakan keamanan
informasi dan data Layanan ini terdiri enkripsi, penggunaan protocol, penentuan
akses control dan auditing. Layangan ini melindungi sebuah informasi maupun
data agar tidak mudah diambil atau diakses oleh pihak lain yang tidak
berwenang.
Contoh Kasus :
Texas Auto Center
Teknologi telematika dalam sistem keamanan ditanamkan pada
mobil. Sistem keamanan ini menggunakan password untuk mengakses sistem dealership’s
web-based untuk menggerakkan sistem immobilizationterhadap
100 mobil. Sistem ini diinstal oleh Texas Auto Center tujuannya adalah
mengaktifkan kepemilikan lebih mudah jika pembeli gagal untuk melakukan
pembayaran (melewati batas pembayaran) .
Dengan adanya sistem ini maka pembeli akan yang melewati
pembayaran tidak akan bisa mengendarai mobil mereka selama 5 hari, sampai
dealer dari ATC me- reset ulang semua usernames dan password
pada sistem.
Referensi :
URL: Telematics and security: Protecting the connected car.12 Januari
2011.
URL : http://analysis.telematicsupdate.com/intelligent-safety/telematics-and-security-protecting-connected-car.
Akses 07 November 2014.
No comments:
Post a Comment